JANGAN LUPA UNTUK QUNUT WITIR DI SEPARUH TERAKHIR BULAN ROMADHON

JANGAN LUPA UNTUK QUNUT WITIR DI SEPARUH TERAKHIR BULAN ROMADHON

1. Dalil Umum Kesunnahan Qunut Witir pada Separuh Akhir Romadhon
عَنْ أَنَسٍ قَالَ: ” كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى nاللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِي النِّصْفِ مِنْ رَمَضَانَ إِلَى آخِرِهِ”
Dari Sahabat Anas bin Malik radliallâhu ‘anhu beliau berkata bahwa Rasulullah ﷺ melakukan qunut (witir) pada pertengahan Romadhon sampai akhir Romadhon. (HR. Baihaqi dalam Sunan al Kubra no. 4307)

Penjelasan serupa juga bisa kita temukan pada HR. Abu Dawud no. 1428

2. Maksud dari separuh akhir adalah dimulai dari malam ke-16 Romadhon.
عَنِ الْحَسَنِ، أَنَّ عُمَرَ، حَيْثُ «أَمَرَ أُبَيًّا أَنْ يُصَلِّيَ بِالنَّاسِ فِي رَمَضَانَ، وَأَمَرَهُ أَنْ يَقْنُتَ بِهِمْ فِي النِّصْفِ الْبَاقِي، لَيْلَةَ سِتَّ عَشْرَةَ»
Dari al-Hasan, bahwa ketika Sahabat Umar (bin Khattab) memerintahkan Ubay Bin Ka’ab mengimami para jamaah shalat di bulan Ramadhan, Beliau juga memerintahkan untuk melakukan qunut ketika pertengahan yang masih tersisa pada bulan Ramadhan tepatnya malam ke-16. (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannaf no. 6941).

3. Keterangan Tambahan
{ و } القنوت { في } آخر الوتر { في النصف الثاني من شهر رمضان } وهو كقنوت الصبح المتقدم في محله ولفظه
Dan (sunnah) qunut pada akhir witir di separuh kedua dari Bulan Romadhon. Qunut tersebut sama seperti qunut subuh dalam hal tempat dan bacaannya, seperti yang telah dijelaskan pada kesempatan yang lalu. (Hasyiyah al Bajuri juz 1 hal. 164)

Pada Bulan Romadhon tahun 1445H / 2024 ini, qunut witir disunnahkan pada malam 16 Romadhon yang bertepatan dengan Selasa malam Rabu, 26 Maret 2024 hingga akhir Romadhon.

Gus Ahmad Rifai

BuyaSoni Media ????️
FB, Youtube : Buya Soni
IG : @buyasoni @daarulhidayah
Telegram : Buya Soni Official
Website : www.daarulhidayah.com

========= ❁❁❁❁ =========
???? WA Grup Buya Soni
☏ 0853-2335-5549
???? Diizinkan untuk di sebarluaskan