PERANAN DZIKIR

Noto Ati

PERANAN DZIKIR

 

لا تترك الذّكر لعدم حضور قلبك مع اللّه فيه لأنّ غفلتك عن وجود ذكره اشدّ من غفلتك في وجود ذكره فعسى ان يرفعك من ذكر مع وجود غفلة الى ذكر مع وجود يقظة و من ذكر مع وجود يقظة الى ذكر مع وجود حضور و من ذكر مع وجود حضور الى ذكر مع غيبة عن ما سوى المذكور و من ذلك على اللّه بعزيز.

“Jangan meninggalkan dzikir, karena engkau belum bisa selalu ingat kepada Allah ﷻ di waktu berdzikir, sebab kelalaianmu terhadap Allah ﷻ ketika tidak berdzikir itu lebih berbahaya dari pada kelalaianmu terhadap Allah ﷻ ketika kamu berdzikir.” Semoga Allah ﷻ menaikkan derajatmu dari dzikir dengan kelalaian, kepada dzikir yang disertai ingat terhadap Allah ﷻ, kemudian naik pula dari dzikir dengan kesadaran ingat, kepada dzikir yang disertai rasa hadir, dan dari dzikir yang disertai rasa hadir kepada dzikir hingga lupa terhadap segala sesuatu selain Allahﷻ. Dan yang demikian itu bagi Allah ﷻ tidak berat.”

Sesungguhnya seseorang tidak boleh meninggalkan Dzikir, disebabkan karena hatinya belum bisa selalu mengingat Allah ﷻ.

Orang yang meninggalkan dzikir itu jauh dengan Allah ﷻ hati dan lisannya. berbeda dengan orang yang mau berdzikir, meskipun hatinya masih jauh dengan Allah ﷻ, tapi lisannya dekat dengan Allahﷻ. karena tidaklah sulit bagi Allah ﷻ untuk mengubah suasana hati hamba-Nya yang berdzikir dari suasana yang kurang baik kepada yang lebih baik hingga mencapai yang terbaik.

Menaikkan satu tingkat ke lain tingkat, dzikir adalah satu-satunya jalan yang terdekat menuju kepada Allah ﷻ, bahkan sangat mudah dan ringan.

(Iqodz Al Himam a’la Syarah Al Hikam Juz 1 Hal 101)

BuyaSoni Media ????️
FB, Youtube : Buya Soni
IG : @buyasoni @daarulhidayah
Telegram : Buya Soni Official
Website : www.daarulhidayah.com

========= ❁❁❁❁ =========
???? WA Grup Buya Soni
☏ 0853-2335-5549
???? Diizinkan untuk di sebarluaskan