Amalan Sunnah yang Ditekankan dalam Bulan Sya’ban

Amalan Sunnah yang Ditekankan dalam Bulan Sya’ban

 

Amalan baik disunnahkan untuk dikerjakan setiap saat, di bulan apapun ia berada. Akan tetapi, di Bulan Sya’ban terdapat beberapa amalan yang secara spesifik disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW.

a. Puasa Sunnah
Dari Siti Aisyah ra. beliau berkata,
لَمْ يَكُنِ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ
“Nabi SAW tidak berpuasa pada sebuah bulan melebihi banyaknya puasa beliau di Bulan Sya’ban. Nabi SAW biasa berpuasa pada bulan Sya’ban di semua harinya.” (HR. Bukhari no. 1970 dan Muslim no. 1156)

Imam Nawawi rhm. menuturkan bahwa para ulama mengatakan, “Nabi SAW tidak menyempurnakan berpuasa sebulan penuh selain di bulan Ramadhan agar tidak disangka puasa selain Ramadhan adalah wajib. ”(Syarh Muslim, 4/161)

b. Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW
Dari Anas bin Malik ra., bahwa Nabi SAW bersabda,
رَجَب شَهْرُ اللهِ وَشَعْبَان شَهْرِيْ وَرَمَضَان شَهْرُ أُمَّتِيْ
Rajab adalah bulannya Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Romadhon adalah bulan umatku. (HR. Ad Dailami, disebutkan pula oleh Al Hafidz As Suyuthi dalam al Jâmi’ as Shoghîr)

Sya’ban adalah bulannya Rosulullah SAW. Bagaimana cara kita membahagiakan beliau di bulan ini ? Yaitu dengan cara memperbanyak membaca sholawat kepadanya.

Terlebih, Ibnu Hajar al Asyqolani mengatakan
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS. Al Ahzab : 56)

Ayat mengenai perintah sholawat ini diturunkan oleh Allah SWT di Bulan Sya’ban.

c. Membaca Al Quran
Termasuk kebiasaan para Sahabat dan Ulama adalah memperbanyak membaca Al Quran di Bulan Sya’ban.

Al Hafidz Ibnu Rojab al Hambaliy berkata, telah sampai riwayat kepadaku bahwa Sayyidina Anas bin Malik mengatakan,
كان المسلمون إذا دخل شعبان، انكبوا على المصاحف فقرأوها
Apabila masuk di bulan Sya’ban, maka umat Islam akan menyibukkan diri dengan mushaf Al Quran dan membacanya. (Mâdzâ fî Sya’bân hal 44)

Al Hasan bin Sahl meriwayatkan,
قال شعبان يارب جعلتني بين شهرين عظيمين، فما لي ؟ قال الله عز وجل جعلت فيك قراءة القرآن
Bulan Sya’ban berkata, “Ya Allah, Engkau meletakkanku berada diantara 2 bulan yang mulia (Rajab dan Ramadhan), maka apa yang Engkau berikan kepadaku ? Allah SWT menjawab, aku menjadikan keutamaan membaca Al Quran ada padamu. (Lathôif al Ma’ârif hal 158)

d. Ziarah Kubur
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ فَقَدْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَخَرَجْتُ أَطْلُبُهُ فَإِذَا هُوَ بِالْبَقِيعِ رَافِعٌ رَأْسَهُ إِلَى السَّمَاءِ فَقَالَ يَا عَائِشَةُ أَكُنْتِ تَخَافِينَ أَنْ يَحِيفَ اللَّهُ عَلَيْكِ وَرَسُولُهُ قَالَتْ قَدْ قُلْتُ وَمَا بِي ذَلِكَ وَلَكِنِّي ظَنَنْتُ أَنَّكَ أَتَيْتَ بَعْضَ نِسَائِكَ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يَنْزِلُ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا فَيَغْفِرُ لِأَكْثَرَ مِنْ عَدَدِ شَعَرِ غَنَمِ كَلْبٍ
“dari ‘Aisyah ra. ia berkata, “Suatu malam aku kehilangan Nabi SAW, aku pun mencarinya, dan ternyata Beliau berada (berziarah) di pemakaman Baqi’ menengadahkan kepalanya ke langit (seraya berdoa), beliau lalu bersabda: “Wahai ‘Aisyah, apakah engkau takut Allah dan Rasul-Nya akan mengurangi (haknya) atasmu?” ia menjawab, “Aku telah mengatakan tidak, hanya saja aku khawatir engkau mendatangi salah seorang dari isterimu.” Maka beliau pun bersabda: “Sesungguhnya pada pertengahan malam Sya’ban Allah turun ke langit dunia lalu mengampuni orang-orang yang jumlahnya lebih banyak dari jumlah bulu kambing. ” (Hadits Ibnu Majah Nomor 1379)

Oleh karena itu, para Ulama’ dari Jawa menamai bulan Sya’ban dengan sebutan ruwah dengan tujuan mengingatkan masyarakat khususnya pada bulan Sya’ban untuk membahagiakan para arwah dengan cara menziarahi mereka.

Wallahu a’lam bis showab
=======
???? WA Grup Buya Soni
☏ 0853-2335-5549
???? Diizinkan untuk di sebarluaskan